SISTEM INFORMASI MANAJEMEN_Kesimpulan

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN, merupakan  suatu Sistem Informasi Komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Sistem yang menggunakan teknologi komputer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis dan menyebarkan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

  • Semula penggunaan teknologi informasi hanya terbatas untuk efisiensi dan efektivitas yang sifatnya untuk operasional transaksi perusahaan, namun kini telah menjadi nilai (“Value”) yang strategic bagi keunggulan kompetitif perusahaan.
  • Implementasi Teknologi Informasi untuk Keunggulan Kompetitif dalam Operasional Perusahaan pada Era Globalisasi yaitu, Pentingnya penerapan teknologi informasi untuk  memformulasi strategi pencapaian peluang profit melalui maksimisasi penerimaan dari investasi yang dilakukan dalam berjalannya suatu perusahaan.
    • keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai :

Pertama, operasional prima (operational excellence). Perusahaan yang menggunakan strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan.

Kedua, keakraban dengan pelanggan (customer intimacy). Perusahaan yang menggunakan strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata kompetitor.

Ketiga, produk atau layanan yang senantiasa inovatif dan terdepan (product leadership). Perusahaan yang menggunakan strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus-menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling baik, paling inovatif.

  • Beberapa teori keunggulan kompetitif di dunia maya menganjurkan agar paling tidak 7 (tujuh) aspek harus menjadi perhatian dari sebuah perusahaan Kondisi ketujuh aspek akan sangat menentukan posisi perusahaan di dalam kancah persaingan di dunia maya, yaitu masing-masing:
  1. Customer Service
  2. Price
  3. Quality
  4. Fulfillment Time
  5. Agility
  6. Time to Market
  7. Market Reach
  • Beberapa alasan kenapa perencanaan strategis harus dibuat, yang pertama adalah karena sumber daya yang dimiliki organisasi sangat terbatas, sehingga harus digunakan seoptimal mungkin. Kedua, untuk meningkatkan daya saing atau kinerja organisasi, karena para kompetitor memiliki sumber daya teknologi yang sama dan pembedanya nanti adalah siapa yang memiliki eksekusi terbaik. Alasan ketiga adalah untuk memastikan bahwa aset TI dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung meningkatkan profitabilitas organisasi, baik berupa peningkatan pendapatan (revenue) maupun pengurangan biaya-biaya (costs). Keempat adalah untuk mencegah terjadinya kelebihan investasi (over investment) atau kekurangan investasi (under investment) di bidang TI. Dan alasan terakhir adalah untuk menjamin bahwa TI yang direncanakan dan dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis organisasi.
  • Customer focused tidak hanya diperhatikan pada saat penjualan atau sampai tahap pemakaian produk oleh konsumen. Pola pikir Customer focused perlu dibagun sejak dari proses awal. Mulai dari perencanaan dan perancangan produk baru, suara konsumen (voice of customer) harus dianalisa dengan baik.
  • Customer focused juga berarti memberikan yang terbaik bagi konsumen dan menjadikannya puas akan sejumlah rupiah yang dikeluarkan. Value yang didapatkan konsumen harus lebih besar dari harga (price) yang mereka bayarkan.
  • untuk lebih memahami kegiatan melalui suatu perusahaan yang mengembangkan keunggulan kompetitif dan menciptakan nilai pemegang saham berguna untuk memisahkan system bisnis  menjadi serangkaian kegiatan yang menghasilkan nilai di sebut sebagai value chain.
  • Reengineering the Corporation (Rekayasa Ulang Perusahaan) merupakan sebuah manifesto bagi revolusi bisnis, yang menawarkan suatu visi yang benar – benar baru tentang bagaimana perusahaan seharusnya diorganisasi dan dikelola bila perusahaan itu ingin sukses dan bukan sekadar hidup,
  • Bagi perusahaan – perusahaan yang ingin meningkatkan keunggulan kompetitif dan memperoleh performansi perusahaan yang dramatis, reengineering (rekyasa ulang) akan mampu menjawabnya. Karena reengineering (rekayasa ulang) adalah pemikiran ulang secara fundamental dan perancangan ulang bisnis secara radikal atas proses – proses bisnis untuk mendapatkan perbaikan dramatis dalam hal ukuran – ukuran kinerja yang penting dan kontemporer, seperti biaya, kualitas, pelayanan, dan kecepatan.
  • Membangun Knowledge Creating Company dibutuhkan poin-poin penting yaitu :
    1. Important knowledge in Company
  • Menciptakan Virtual Company, Yaitu menciptakan produk atau softwere sendiri untuk mendukung suatu perusahaan.

2. Cross cultural interfaces & Knowledge domain

  • Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS), Sistem Informasi yang menggunakan komputer dan teknologi komunikasi untuk melakuka tugas-tugas yang diinginkan.
  • Evolusi CBIS : Fokus pd data                   :    TPS
  • Fokus pd informasi                                     :    MIS
  • Fokus pd pendukung keputusan           :    DSS
  • Fokus pd komunikasi                                :     OA
  • Fokus pd konsultasi                                   :   ES, EIS
  • keuntungan e-commerce tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
  2. Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tanpa kesalahan, tepat waktu
  3. Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.
  • Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :
  1. Minimnya pengetahuan penduduk mengenai perdagangan lewat internet (e-commers).
  2. banyak sekali pelaku bisnis di internet yang gulung tikar karena tidak sanggup bersaing dan tidak memiliki inovasi dan kreatifitas.
  3. Banyaknya kriminalitas di internet, seperti card froud (pencurian akses kartu kredit).
  4. Budaya orang Indonesia yang merasa tidak nyaman jika berbelanja hanya dengan melihat katalog produk, tanpa menyentuh, apalagi mencoba-coba.
  5. Infrastruktur internet tidak merata di seluruh Indonesia, khususnya desa-desa.
  6. Jasa kurir yang tidak terjangkau daerah tertentu.
  • MODEL SISTEM UMUM
  1. Sistem Fisik, merupakan sistem terbuka, yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik.

Arus sumber daya fisik yang mengalir :

–          Arus material.

–          Arus personil.

–          Arus mesin.

–          Arus uang.

2. Sistem Konseptual,

Sebagian sistem terbuka dapat mengendalikan operasinya sendiri, sebagian lagi tidak. Pengendalian ini dapat dicapai dengan menggunakan suatu lingkaran yang disebut “Lingkaran Umpan Balik” yang menyediakan suatu jalur bagi sinyal-sinyal dari sistem ke mekanisme pengendalian begitu pula sebaliknya.

  • Management by exception adalah suatu gaya yang diikuti manajer, yaitu manajer terlibat dalam aktivitas hanya jika aktivitas itu menyimpang dari kinerja yang dapat diterima. Agar manajer dapat mempraktekan management by exception, harus ditetapkan standar dalam bentuk batas atas dan batas bawah kinerja yang dapat diterima.
  • Pengendalian dalam sebuah sistem pada dasarnya berarti menjaga agar sistem beroperasi dalam batas prestasi tertentu. Sebuah sistem yang berada dalam kendali  akan beroperasi dalam batas  toleransi yang telah ditentukan.
  • Tujuan dari kontrol pengembangan adalah untuk memastikan bahwa CBIS yang diimplementasikan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
  • keamanan merupakan salah satu aspek penting dari sebuah sistem informasi
  • Tugas pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :
    – Kontrol proses pengembangan.
    – Kontrol desain sistem.
    – Kontrol pengoperasian system

    • Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
    • E-commers pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).
    • manfaat utama :
  • Kontrol pengoperasian system didasarkan pada struktur organisasional dari departemen operasi, aktivitas dari unit yang ada dalam departemen tersebut.

–          Pelayanan pelanggan meningkat;

–          Hubungan dengan pemasok & masyarakat keuangan meningkat;

–         Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

  • kendala sebagai berikut :
  1. Biaya tinggi.
  2. Masalah keamanan.
  3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.
  • Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik dapat dilakukan dengan :
  1. Sistem antar organisasai (IOS)
  2. .Pertukaran data elektronik (Electronik data interchange – EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan.
  • Sistem antar organisasi, Juga disebut dengan sistem informasi antar organisasi. Merupakan suatu kombinasi antara perusahaan perusahaan terkait sehingga mereka berfungsi sebagai sistem tunggal; mereka bekerja sama untuk mencapai satu tujuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s